Pancasila, Identitas, dan Modernitas | Aksiku Toko Buku Bekas Online
Pemesanan Klik pada nomor untuk langsung chat :
1. Djefi: Whatsapp: 0813-1063-6383
2. Farida: Whatsapp: 0813-1555-4445
"Harga Belum Termasuk Biaya Ongkos Kirim"
"Pengiriman dilaksanakan sehari setelah Pembayaran"

Pilih Penulis

Pencarian Cepat - Ketik dan Enter

Home » , , » Pancasila, Identitas, dan Modernitas

Pancasila, Identitas, dan Modernitas

www.aksiku.com
Pancasila, Identitas, dan Modernitas
Judul: Pancasila, Identitas, dan Modernitas
Penulis: Eka Darmaputera, Ph.D

Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: xiv + 178 Halaman
Berat Buku: 210 g
Penerbit: PT BPK Gunung Mulia
Tahun: Cetakan Keenam 1997
Kondisi: Cukup (BUKU BEKAS/Kondisi fisik sesuai foto)

Harga: Rp. 17.500,- (SOLD OUT)

Deskripsi Buku

Berbicara mengenai Indonesia, terdapatlah suatu asumsi yang umum, bahwa baik upaya untuk mencari identitas baru maupun untuk mencapai suatu kesepakatan nilai, telah tercapai melalui Pancasila.
Buku ini dengan segala kerendahan hati ingin menganalisa dan menilai asumsi popular tersebut.
Untuk itu, pembahasan akan dilakukan dalam empat tahap. Pada bagian pertama, akan disajikan semacam pengantar umum mengenai masalah serta kemungkinan integrasi maupun disintegrasi di dalam masyarakat Indonesia. Masalah integrasi dan disintegrasi ini akan disorot di dalam terang kesatuan dan kepelbagaian Indonesia.

Pembahasan dalam bagian pertama ini akan menjadi semacam kerangka bagian kedua, di mana akan dianalisa kemungkinan untuk mencapai integrasi sosial pads tingkat nilai-nilai. Di sini, persoalan utamanya ialah: apakah memang benar atau tidak benar, bahwa di balik kepelbagaian yang luar biasa pads tingkat sosio-kultural, kita juga dapat melihat adanya orien¬tasi kultural dan orientasi nilai bersama di antara mayoritas orang Indonesia, yang dapat dijadikan dasar bagi kesepakatan nilai.

Baik bagian pertama maupun bagian kedua akan menjadi konteks bagi pemahaman tentang Pancasila. Ini merupakan bagian yang ketiga. Pads bagian ini, kita akan membahas pemahaman Pancasila di dalam konteks kesatuan dan kepelbagaian Indonesia yang dibahas dalam bagian pertama.  Kita juga akan berusaha memahami Pancasila di dalam terang orientasi nilai dan budaya Indonesia yang telah dibahas dalam bagian yang kedua.

Dengan demikian jelaslah, bahwa kita tidak akan membahas Pancasila sebagai sebuah gagasan yang terlepas dari konteks tertentu yang telah me¬lahirkannya dan dari masalah tertentu yang dihadapinya. Kita juga tidak akan membicarakan Pancasila seperti yang ada dalam pidato-pidato para pemimpin atau karya karya tulis para sarjana. Artinya, kita tidak akan mem¬bicarakan Pancasila sebagai "ideal".
Yang akan kita kerjakan adalah, kita akan berusaha memahami dan menjelaskan Pancasila "seperti apa adanya", yaitu sebagaimana ia telah benar-benar berfungsi di dalam masyarakat Indonesia.

Akhirnya, pemahaman Pancasila seperti tersebut di atas, yaitu Panca¬sila "seperti apa adanya", akan kita nilai pada bagian yang keempat. Kita, misalnya, akan mempertanyakan apakah Pancasila telah menjawab kebutuh¬an Indonesia akan sebuah identitas yang pada satu pihak berakar pada ke¬budayaan Indonesia, dan pada pihak lain menyajikan dasar yang kokoh bagi pembangunan suatu masyarakat modern. Kita juga akan mempersoalkan, apakah Pancasila merupakan dan mencerminkan perwujudan kesepakatan nilai masyarakat Indonesia. Dan akhirnya, kita mempermasalahkan apakah Pancasila tidak hanya mengandung nilai-nilai yang relevan secara kontekstual, tetapi juga sahih secara universal. Bagian keempat inilah yang akan mem¬beri ciri kepada buku ini, bukan saja sebagai sesuatu karya yang bersifat deskriptif tetapi juga suatu penelaahan etis.

(Dikutip dari:http://www.leimena.org/id/page/v/459/pancasila-identitas-dan-modernitas)

Tertarik? Hub. Djefi di:
SMS/Whatsapp/Wechat: 081310636383
PIN BB: 2A72EA72
YM: denjefi
Email pesanan: order.buku@aksiku.com

Lihat Juga

Buku Unggulan


0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Baca Buku ini?