Khasiat Warna-Warni Makanan | Aksiku - Toko Buku Bekas Online
Pemesanan Hubungi:
1. Djefi: SMS/Whatsapp: 0813-1063-6383 Line ID: djefi, Email: order.buku@aksiku.com
2. Farida: SMS/Whatsapp: 0813-1555-4445
"Harga Belum Termasuk Biaya Ongkos Kirim"
"Pengiriman dilaksanakan sehari setelah Pembayaran"

Khasiat Warna-Warni Makanan

Made Astawan
Buku Made Astawan

toko buku Made Astawan

Buku Bekas

Buku Kesehatan
Judul: Khasiat Warna-Warni Makanan
Penulis: Made Astawan & Andreas Leomitro Kasih
Tebal: 320 halaman
Harga: Rp. 30.000,-HABIS
Berat Buku: 340 g
Kulit Muka: Soft Cover Kondisi: Bagus (Buku Bekas/Kondisi fisik sesuai foto)
Penerbit: PT GraMedia Pustaka Utama Tahun: 2008 Cet.1
Bahasa: Indonesia

Sinopsis

Warna-warni makanan, terutama sayur dan buah-buahan, sangat berkhasiat untuk kesehatan, terutama untuk mencegah kanker. Pada makanan dengan warna spesifik, terdapat zat gizi spesifik pula. Semakin kuat warna sayur dan buah, kandungan zat gizinya juga semakin banyak. Merah. Sayur dan buah berwarna merah kaya likopen, yang mampu mengurangi risiko terjadinya kanker. Contohnya tomat dan semangka. Jingga. Makanan berwarna jingga mengandung alfa dan beta karoten, yang dapat mencegah terjadinya timbunan kolesterol di dalam pembuluh darah sehingga mengurangi risiko terjadinya stroke. Contohnya wortel dan mangga. Kuning. Warna kuning dalam sayuran dan buah mengindikasikan adanya kandungan vitamin C yang baik untuk melindungi sel-sel tubuh.

Selain itu juga mengandung betacryptoxanthin, salah satu dari banyak komponen karotenoid. Zat gizi jenis ini bisa didapat dari jeruk, pepaya, dan madu. Hijau/Kuning. Sayur berwarna hijau tinggi karotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang berkontribusi pada kesehatan mata. Zat gizi ini terkandung pada bayam dan sayuran berwarna hijau lainnya, kacang hijau, dan alpukat. Hijau. Sayuran jenis ini mengandung sulforaphane, isthiocyanate, dan indoles, yang dapat merangsang lever untuk membuat komponen yang dapat memecah kimiawi penyebab kanker. Contohnya brokoli, kubis, dan bok choi. Putih. Makanan ini mengandung glutation peroksidase dan katalase yang merupakan enzim alami di dalam tubuh yang berperan sebagai antioksidan kuat untuk menangkal serangan radikal bebas, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, penuaan kulit, serta penyakit degeneratif lainnya. Contoh: bawang putih, bawang bombai, seledri, dan pir. Biru/ungu.

Buah dan sayuran berwarna biru atau ungu mengandung phycocyanin juga telah dilaporkan memiliki kemampuan sebagai antioksidan, antiradang, dan pelindung sel otak. Contoh: spirulina, terung, plum. Hitam. Bahan pangan hitam seperti cincau hitam dan jamur kuping mengandung polifenol yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol.

*****
Penulis (Made Astawan) mengasuh rubrik di mjalah Gaya Hidup Sehat dan guru besar di bidang pangan dan gizi. *Penjelasan sangat komprehensif dan mendetail dengan data-data hasil penelitian


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Buku Pilihan