Jual Buku Pleidoi Sastra: Kontroversi Cerpen Langit Makin Mendung | Aksiku Toko Buku Bekas Online
Pemesanan Klik pada nomor untuk langsung chat :
1. Djefi: Whatsapp: 0813-1063-6383
2. Farida: Whatsapp: 0813-1555-4445
"Harga Belum Termasuk Biaya Ongkos Kirim"
"Pengiriman dilaksanakan sehari setelah Pembayaran"

Pilih Penulis

Pencarian Cepat - Ketik dan Enter

Home » , , , , , , , » Jual Buku Pleidoi Sastra: Kontroversi Cerpen Langit Makin Mendung

Jual Buku Pleidoi Sastra: Kontroversi Cerpen Langit Makin Mendung

www.aksiku.com
Pleidoi Sastra
Judul: Pleidoi Sastra: Kontroversi Cerpen: Langit Makin Mendung
Penulis: Kipandjikusmin

Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 484 Halaman
Berat Buku: 500 g
Penerbit: Melibas
Tahun: Cetakan Pertama, Januari 2004
Kondisi: Cukup Bagus (BUKU BEKAS/Kondisi fisik sesuai foto)

Harga: Rp. 30.000,- (SOLD OUT)

Deskripsi Buku

Kipandjikusmin sedikitpun tidak menduga bahwa cerita pendeknya, Langit Makin Mendung, mampu menorehkan tinta hitam dalam sejarah pasang-surutnya hubungan sastra dengan negara. Betapa tidak, sejak pemuatan cerita pendek tersebut pada 8 Agustus 1968 di majalah Sastra, telah memicu silang pendapat yang begitu keras - tidak hanya antarsastrawan - melainkan juga melibatkan pelbagai unsur masyarakat. Pungkas dari perdebatan itu adalah diberangusnya majalah Sastra dan diseretnya H.B. Jassin, pemimpin redaksi majalah tersebut kedalam penjara dengan tuduhan yang tidak main-main, menghina Tuhan, menghina otoritas para kyai dan ulama, serta merusak akidah umat Islam.

Buku ini merekam dan menggambarkan secara lengkap betapa dahsyatnya silang pendapat atas cerita pendek tersebut. lebih dari 30 artikel di koran dan majalah dari 20 pengamat yang berasal dari pelbagai kalangan turut hadir dalam sengketa wacana ketuhanan yang dipicu oleh cerita Kipandjikusmin tersebut.

Selain itu, buku ini juga mengikutsertakan karya-karya Kipandjikusmin yang belum terpublikasikan dan juga pleidoi yang berapi-api dari H.B. Jassin atas semua gugatan yang dialamatkan kepadanya. "Saya menolak karya 'Langit Makin mendung' ditanggapi sebagai karya agama dan memakaikan sebagai ukuran kaidah-kaidah agama. Saya tetap berpendapat bahwa cerita mempunyai dunianya sendiri, dengan hukum-hukumnya sendiri, seperti dunia mimpi yang mempunyai hukum-hukum yang lain dari hukum-hukum moral dan atau logika tradisional. Maka apabila saudara Jaksa, karena memakaikan hukum-hukum yang tidak berlaku bagi alam imajinasi, menuduh saya atau pengarang, menodai akidah agama, maka itu adalah jelas tidak benar dan fitnah yang tidak berdasar..." 

Tertarik? Hub. Djefi di:
SMS/Whatsapp/Wechat: 081310636383
PIN BB: 2A72EA72
YM: denjefi
Email pesanan: order.buku@aksiku.com

Lihat Juga

Buku Unggulan


0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Baca Buku ini?