Durasi Ideal Istirahat antar Set Latihan Beban | Aksiku Toko Buku Bekas Online
Pemesanan Klik pada nomor untuk langsung chat :
1. Djefi: Whatsapp: 0813-1063-6383
2. Farida: Whatsapp: 0813-1555-4445
"Harga Belum Termasuk Biaya Ongkos Kirim"
"Pengiriman dilaksanakan sehari setelah Pembayaran"

Pilih Penulis - Penerbit - Kategori

Pencarian Cepat - Ketik dan Enter

Home » , , » Durasi Ideal Istirahat antar Set Latihan Beban

Durasi Ideal Istirahat antar Set Latihan Beban

www.aksiku.com
Aksiku, Seorang kawan saya yang baru saja mulai membangun kebugaran tubuhnya dengan melakukan latihan angkat beban bertanya," Berapa sih, durasi atau lamanya waktu istirahat yang ideal antar set latihan?". Sebuah pertanyaan yang menarik, karena kebanyakan para pemula tidak mengetahui dengan pasti durasi waktu istirahat yang ideal di antara sesi latihan beban.

Walaupun dikatakan oleh sebagian penggemar olahraga ini tidak ada ilmu yang pasti dalam menghitung lamanya waktu istirahat yang ideal antar set latihan beban namun kita dapat mengambil pedomannya dari TUJUAN yang ingin dicapai dalam berlatih beban.

Secara umum ada 3 tujuan seseorang dalam berlatih beban yaitu:

1. Melatih Stamina
2. Menambah Massa Otot
3. Melatih Kekuatan.



Pembagian lamanya (durasi) waktu Istirahat yang ideal berdasarkan tujuan berlatih beban:

1. Melatih Stamina, Buat waktu istirahat sependek mungkin di antara sesi latihan. Anda dapat memulainya secara bertahap. Misalnya minggu ini istirahat 3 menit. Minggu depan kurangi waktu istirahatnya menjadi 2,5 menit begitu seterusnya sampai sependek mungkin. Idealnya durasi waktu istirahat sampai sekitar 30 detik sebelum melakukan set berikutnya.

2. Menambah Massa Otot, Untuk tujuan penambahan massa otot tentunya beban yang digunakan juga bertambah berat. Idealnya berat beban yang digunakan untuk menambah massa otot adalah berat medium, artinya tidak terasa ringan tetapi juga tidak terasa berat.

Beban bertambah lebih berat artinya otot juga bekerja lebih keras agar dapat mengangkat beban tersebut. lamanya waktu istirahat yang ideal adalah sekitar 2 sampai dengan 5 menit sebelum set berikutnya.

3. Melatih Kekuatan, Dari penyebutannya pun sudah tergambar. Melatih Kekuatan berarti membangun tubuh agar memiliki kekuatan yang terus menerus meningkat dalam mengangkat beban. Beban yang digunakanpun terus ditambah menjadi semakin berat. lamanya waktu Istirahat yang dianjurkan adalah sekitar 3 sampai dengan 6 menit sebelum melakukan set berikutnya.

Demikian ulasan singkat tentang durasi waktu istirahat yang ideal antar set dalam latihan beban. Semoga bermanfaat.(Djefi)

Lihat Juga

Buku Unggulan


0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Baca Buku ini?