Delapan tips memilih makanan sehat | Aksiku Toko Buku Bekas Online
Pemesanan Klik pada nomor untuk langsung chat :
1. Djefi: Whatsapp: 0813-1063-6383
2. Farida: Whatsapp: 0813-1555-4445
"Harga Belum Termasuk Biaya Ongkos Kirim"
"Pengiriman dilaksanakan sehari setelah Pembayaran"

Pilih Penulis

Pencarian Cepat - Ketik dan Enter

Home » , » Delapan tips memilih makanan sehat

Delapan tips memilih makanan sehat

www.aksiku.com
Aksiku, Mengkonsumsi makanan sehat dengan diet seimbang adalah bagian penting dalam merawat kesehatan dan membantu anda merasakan kesehatan terbaik yang dapat dicapai tubuh anda.

Dua kunci menuju diet yang sehat adalah sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi jumlah kalori yang tepat dan sesuaikan dengan aktivitas anda sehingga anda dapat menyeimbangkan antara energi yang anda keluarkan dengan energi yang anda dapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Ingat saja, jika anda makan atau minum terlalu banyak maka dapat menambah berat badan anda. Sebaliknya jika anda makan terlalu sedikit maka anda akan kehilangan berat badan. Pria rata-rata membutuhkan sekitar 2.500 kalori sehari sedangkan wanita sekitar 2000 kalori. Kebanyakan para pria dan wanita dewasa mengkonsumsi kalori lebih dari sekedar yang dibutuhkan oleh tubuh padahal seharusnya mereka mengkonsumsi sesuai kebutuhan saja.

2. Konsumsilah berbagai jenis makanan yang mendukung program diet seimbang anda dan pastikan bahwa tubuh anda dapat menyerap seluruh nutrisi yang dibutuhkan.


Berikut ini adalah delapan tips untuk memilih makanan sehat. Tips praktis ini mencakup pengetahuan dasar dalam memilih makanan sehat yang dapat membantu anda mendapatkan pilihan yang tepat.

1. Mendasarkan makanan anda pada makanan yang mengandung karbohidrat.
Makanan berkarbohidrat meliputi kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Sebisanya pilih varietas gandum karena mengandung lebih banyak serat dan dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Setidaknya dari makanan yang anda konsumsi, sepertiganya harus mengandung karbohidrat.
Kita seharusnya dapat lebih banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, cobalah setidaknya satu makanan berkarbohidrat pada setiap makanan utama. Beberapa orang berpikir bahwa makanan berkarbohidrat dapat menyebabkan kegemukkan. Padahal segram makanan berkarbohidrat hanya mengandung lemak kurang dari setengahnya. Pelajarilah lebih dalam tentang makanan berkalori.

2. Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran.
Direkomendasikan agar kita mengkonsumsi setidaknya lima porsi berbagai jenis buah dan sayuran dalam sehari. Memang lebih mudah sepertinya. Segelas jus buah yang murni 100% tanpa pemanis buatan dapat dihitung sebagai satu porsi dan sayuran yang telah dimasak juga dihitung sebagai  porsi. Cobalah untuk menaruh potongan pisang di atas sereal anda sebagai sarapan atau juga konsumsi beberapa buah kering sebagai makanan ringan anda. Pelajarilah lebih lanjut tentang 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari.

3. Konsumsilah lebih banyak ikan.
Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin serta mineral. Jadwalkan setidaknya dua porsi makan ikan dalam seminggu dan juga satu porsi minyak ikan. Minyak ikan yang mengandung lemak omega-3 yang tinggi dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung. Anda bebas dapat memilih ikan yang segar, dibekukan atau ikan kalengan, hanya saja anda harus ingat bahwa ikan kalengan dan ikan yang diasapi mengandung kadar garam yang tinggi. Bagi yang sering mengkonsumsi ikan secara teratur, cobalah menghidangkannya jenis ikan yang lebih bervariasi.

4. Kurangi Lemak jenuh dan gula
Kita semua butuh lemak dalam makanan kita. Tapi penting untuk diperhatikan jumlah dan jenis lemak yang kita makan. Ada dua jenis lemak yang penting yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, yang meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Lemak jenuh ditemukan dalam banyak makanan, seperti keju, kue, biskuit, sosis, krim, mentega, lemak dan pie. Buanglah dan pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh daripada lemak jenuh, seperti minyak sayur, minyak ikan dan alpukat. Untuk pilihan yang lebih sehat, gunakan hanya sedikit minyak nabati sebagai pengganti mentega dan gajih. Saat anda makan daging, pilih irisan yang tipis dan buang semua lemaknya.

Di Inggris sebagian besar masyarakatnya terbiasa makan dan minum dengan terlalu banyak gula. Makanan dan minuman yang manis-manis, termasuk minuman-minuman yang beralkohol sering ditemukan mengandung kalori yang tinggi yang mana dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan juga menyebabkan kerusakan gigi, terutama jika dimakan di antara waktu makan. Kurangi minuman bersoda manis, minuman beralkohol, kue, biskuit dan kue kering yang banyak mengandung pemanis buatan. Ini adalah jenis pemanis yang harus kita hindari karena berbeda dengan gula sebagai pemanis alami yang biasa kita temukan pada buah dan susu. Periksa pada label makanan yang dicantumkan tentang kandungan gula pada makanan tersebut. Jika ada 15 gram gula per 100 gram itu berarti makanan tersebut mengandung jumlah gula yang tinggi.

5. Kurangi makan garam.
Bahkan jika Anda tidak menambahkan garam pada makanan Anda, Anda masih dapat makan berlebihan. Sekitar tiga perempat dari garam yang kita makan sudah dalam makanan yang kita beli, seperti sereal sarapan, sup, roti dan saus. Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Orang dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin terkena penyakit jantung atau serangan stroke. Gunakan label makanan untuk membantu Anda agar dapat menghindari terlalu banyak makan garam. Lebih dari 1,5 g garam per 100g berarti makanan tersebut mempunyai kandungan garam yang tinggi. Dewasa dan anak-anak di atas 11 tahun seharusnya makan tidak boleh lebih dari 6g garam sehari. Anak-anak yang lebih kecil bahkan harus lebih kurang lagi dari jumlah tersebut.

6. Usahakan selalu bergerak aktif agar tubuh sehat dan mendapatkan berat badan yang ideal.
Mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang sangat berperan penting dalam mempertahankan berat badan yang ideal dan juga tubuh yang sehat. Hal tersebut merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan kondisi kesehatan seperti diabetes, kanker jenis tertentu, penyakit jantung dan serangan stroke. Sebaliknya juga jangan terlalu kurus karena juga dapat mempengaruhi kesehatan anda. Jika anda bermaksud untuk mendapatkan tubuh sehat dengan berat badan yang ideal, maka mulai sekarang anda harus lebih memperhatikan makanan yang anda konsumsi, apakah sudah termasuk makanan sehat dan seimbang?. Untuk mendapatkan keterangan tentang makanan yang sehat dan seimbang, tidak ada salahnya anda meminta saran dokter atau ahli gizi.

Aktivitas fisik dapat membantu anda untuk mempertahankan kesehatan dan berat badan yang ideal. Menjadi aktif bukan berarti anda harus dengan berjam-jam menghabiskan waktu di Gym. Anda dapat melakukannya di dalam aktivitas keseharian anda. Misalnya saja, cobalah turun dari bis jangan terlalu dekat dengan tempat tinggal anda sepulang dari kantor, hingga anda dapat pulang ke rumah dengan berjalan kaki. Aktif secara fisik dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, serangan stroke dan diabetes. Atau cobalah aktivitas fisik lainnya sesuai dengan ide-ide anda sendiri. Setelah melakukan aktifitas fisik, anda harus ingat jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalori. Jika anda merasa lapar setelah beraktivitas, pilihlah makanan yang mengandung rendah kalori tetapi tetap dapat mengenyangkan.

7. Jangan sampai kehausan.
Tubuh kita membutuhkan sekitar 1,2 liter cairan setiap hari agar terhindar dari dehidrasi. Kita bisa mendapatkan cairan yang diperlukan melalui makanan yang kita makan, semua jenis minuman yang tidak beralkohol dan yang paling baik juga menyehatkan adalah air, susu dan jus buah. Hindari minuman ringan yang bersoda manis karena biasanya mengandung pemanis yang ditambahkan, juga berkalori tinggi dan buruk untuk kesehatan gigi. Jika cuaca sedang panas atau ketika kita selesai beraktivitas yang banyak menguras keringat, tubuh kita akan lebih banyak lagi membutuhkan cairan daripada jumlah normal yang dibutuhkan untuk diserap.

8. Jangan melewatkan sarapan.
Beberapa orang melewatkan sarapan karena berpikir itu akan membantu mereka untuk menurunkan berat badan. Kenyataannya penelitian membuktikan bahwa sarapan dapat membantu seseorang mengendalikan berat badannya. Sarapan yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang dan memberikan beberapa vitamin juga mineral yang kita butuhkan untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Sereal dari gandum dengan irisan buah di atasnya adalah sarapan yang lezat dan bergizi.(djf/fn)

Lihat Juga

Buku Unggulan


0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Baca Buku ini?