Toko Buku Bekas yang berlokasi di Jakarta. Toko Buku Online ini menjual buku bekas, novel bekas.

Pemesanan Hubungi:
1. Djefi: SMS/Whatsapp: 0813-1063-6383 Pin BB: 750CEE3E, Email: order.buku@aksiku.com
2. Farida: SMS/Whatsapp: 0813-1555-4445 LINE: jualbukuseken
"Harga Belum Termasuk Biaya Ongkos Kirim"
"Pengiriman dilaksanakan sehari setelah Pembayaran"
Aksiku Toko Buku Bekas yang menjual buku bekas Psikologi, buku Pengembangan diri, buku Filsafat, buku Kesehatan, buku Agama, buku Spiritual, buku Sejarah, Buku Import dan buku-buku bekas lainnya.

3 Hal Prinsip Sehat dan Bugar (bagi pemula)

Posted by Djefi on Sunday, January 1, 2012

www.aksiku.com
Tubuh yang sehat dan bugar cenderung terlihat lebih menarik dipandang jika dibandingkan dengan tubuh yang kurus kerempeng dan cenderung terlihat penyakitan. Memang sih..tidak selalu tubuh yang kurus itu identik dengan penyakitan. Tetapi fakta membuktikan bahwa seseorang yang tidak rutin membiasakan dirinya untuk berolahraga, rentan diserang penyakit  dan pasti selalu kurus karena kurangnya tubuh mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang diperlukan. Jadi wajar saja jika seseorang yang kurus ditengarai ada sesuatu penyakit pada tubuhnya. Dan tentunya anda tidak ingin terlihat seperti orang yang berpenyakitan bukan? Oleh karena itu, marilah mulai sekarang kita atur ulang pola hidup kita agar menjadi lebih sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar sebenarnya sederhana saja. Jangan berpikiran bahwa untuk mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuh itu harus selalu dengan mengeluarkan banyak biaya. Hilangkan jauh-jauh pikiran seperti itu karena hanya akan menghambat dan membuat hilang motivasi untuk dapat hidup sehat dan bugar.

Dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, ada 3 hal prinsip yang harus anda ingat, yakni:
1.    Olahraga rutin
2.    Mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi
3.    Istirahat yang cukup

Olahraga rutin
Apapun olahraga yang anda suka, anda harus rutin melakukannya. Buatlah program fitness anda dan masukkan ke dalam jadwal aktivitas anda sehari-hari . Masukkan waktu dimana anda dapat berolahraga, melaksanakan program fitness yang telah anda buat.  Anda dapat memilih waktu untuk berolahraga di pagi hari sebelum berangkat beraktivitas atau sore hari setelah beraktivitas. Tergantung kebutuhan anda. Yang terpenting adalah kesungguhan kita untuk dapat berdisiplin pada jadwal olahraga yang telah kita buat sendiri. Jika anda dapat berdisiplin maka aktivitas berolahragapun menjadi rutin dilakukan sehingga tujuan agar mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuhpun dapat tercapai.

Mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi
Jangan asal makan tanpa menghiraukan apa yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh. Memperhatikan kandungan nutrisi dan nilai gizi makanan yang akan disantap sangat berguna dalam menjaga ketahanan dan kecepatan pemulihan otot setelah berolahraga. Oleh karena itu pemilihan makanan sangat penting dilakukan jika anda ingin berhasil dalam menjalankan pola hidup sehat dan bugar.

Istirahat yang cukup
Dalam menyusun jadwal, hendaknya diperhatikan bahwa tubuh memerlukan waktu istirahat minimal 24-48 jam untuk memulihkan jaringan otot yang rusak pada bagian tubuh yang telah dilatih. Misalnya saja,  jika hari ini anda melatih bagian atas tubuh maka esok hari latihlah bagian bawah tubuh. Hal ini penting diketahui karena setiap kali kita melakukan gerakan olahraga maka ada jaringan otot yang rusak dan tubuh memerlukan waktu untuk membangun kembali jaringan otot yang rusak itu. Jika tubuh tidak diberikan kesempatan untuk memulihkan jaringan otot yang rusak tersebut, akibatnya adalah otot menjadi kecil dan jaringan otot tidak bisa kembali pulih seperti bentuk semula. Bukannya kesehatan dan kebugaran tubuh yang didapat, malahan kelelahan dan cedera otot akibat overtraining. Oleh karena itu, perhatikan dan buatlah jadwal yang seimbang antara waktu berolahraga dan istirahat.

Frekuensi dan intensitas olahraga yang baik dalam seminggu adalah 4 hari fokus pada program olahraga inti, 1 hari olahraga ringan, bisa berupa senam ringan atau apa saja yang tidak memerlukan aktivitas fisik yang berat dan 2 hari terakhir digunakan untuk istirahat total.

Tidurlah yang cukup antara 7-8 jam sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran. Dengan durasi tidur yang cukup maka pemulihan kondisi tubuh yang lelah setelah beraktivitas akan optimal. Anda akan bangun pagi dengan kondisi tubuh yang bugar dan penuh energy. Hal ini terjadi karena selama tidur, tubuh akan melepaskan semua hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan, pemulihan dan pembentukan massa otot.

Ke 3 hal prinsip tersebut adalah pengetahuan umum olahraga yang seharusnya sudah diketahui oleh anda yang sudah lama tersadarkan betapa pentingnya dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dan bagi anda para pemula yang baru saja ingin memulai hidup dengan lebih sehat dan bugar, mudah-mudahan pengetahuan ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat sehingga dapat menjadi acuan dalam membuat program fitness anda.(Djefi)

Previous
« Prev Post

Related Posts

10:46 PM
aksikudotcom
AKSIKU - Toko Buku Bekas Online Updated at: 10:46 PM

0 comments:

Post a Comment