Pengantar Peluang | Aksiku Toko Buku Bekas Online
Pemesanan Klik pada nomor untuk langsung chat :
1. Djefi: Whatsapp: 0813-1063-6383
2. Farida: Whatsapp: 0813-1555-4445
"Harga Belum Termasuk Biaya Ongkos Kirim"
"Pengiriman dilaksanakan sehari setelah Pembayaran"

Pilih Penulis

Pencarian Cepat - Ketik dan Enter

Pengantar Peluang

www.aksiku.com

Judul: Pengantar Peluang
Penulis: Dr. Ir. Muhammad Nur Aidi, MS & Dr. Ir. Anik Djuraidah, MS
Tebal: xii, 262 halaman
Harga: Rp 30.000,-HABIS
Berat Buku: 285 g
Kulit Muka: Soft Cover Kondisi: Cukup Bagus (Buku Bekas/Kondisi fisik sesuai foto)
Penerbit: IPB Press Tahun: 2012 Cet.1
Bahasa: Indonesia

Sinopsis

Halaman pembuka terdapat Tulisan Tangan. LIHAT FOTO

Sampai saat ini sangat jarang buku versi bahasa Indonesia yang membahas secara khusus tentang peluang untuk pendidikan di perguruan tinggi. Mata kuliah peluang merupakan mata kuliah yang sangat penting di kuliah perguruan tinggi. Hampir semua program studi di perguruan tinggi terdapat mata kuliah yang terkait dengan konsep peluang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Topik peluang biasa ditemui pada mata kuliah matematika dasar (terutama peluang diskret), mata kuliah rancangan percobaan, metode statistika, teori pengambilan contoh, dan modeling stokastik. Mata kuliah tersebut pada umumnya disajikan di semua program studi di perguruan tinggi. Ada juga program studi di perguruan tinggi yang langsung mengajarkan mata kuliah peluang, seperti di bidang studi matematika, ilmu komputer, serta bidang studi statistika. Dengan demikian penyajian buku Pengantar Peluang versi Indonesia ini sangatlah dibutuhkan.

Buku Pengantar Peluang ini menyajikan konsep-konsep dasar peluang serta contoh-contoh yang cukup menarik. Pada buku ini disajikan tujuh bab yang merupakan satu kesatuan tidak terpisahkan. Bab I menyajikan tentang himpunan beserta pengertian tentang ruang contoh. KOnsep himpunan dan ruang contoh merupakan landasan dari konsep peluang. Bab II menyajikan tentang cara menghitung titik contoh dengan pendekatan kombinatorika. Prinsip-prinsip kombinatorika sangat penting dalam rangka perhitungan banyaknya titik contoh kejadian serta banyaknya anggota ruang contoh. Dalam kombinatorika dibahas tentang hukum penggandaan, hukum penjumlahan, pengertian tentang permutasi, permutasi melingkar, serta kombinasi. Bahasan tentang peluang dimulai pada Bab III. Pada bab tersebut dibahas tentang peluang suatu kejadian, peluang bersyarat, aturan penggandaan, peluang total, kaidah bayes, serta kejadian-kejadian bebas. Peluang suatu kejadian selalu terkait dengan pengertian tentang peubah acak, yakni suatu proses pengubahan kejadian ke dalam suatu konsep bilangan. Peubah acak terdiri peubah acak diskret dan peubah acak kontinu. Penjelasan tentang peubah acak diskret dan sebaran peluang diskret disajikan pada Bab IV. Topik-topik di Bab VI antara lain peubah acak diskret, fungsi peluang diskret, sebaran peluang diskret, dan beberapa sebaran peluang diskret. Sementara penjelasan peubah acak kontinu dan sebaran peluang kontinu disajikan pada Bab V. Topik-topik yang dibahas pada Bab V antara lain: peubah acak kontinu, fungsi kepekatan peluang, sebaran peluang kontinu, serta beberapa fungsi peluang kontinu.

Pembahasan peluang dengan melibatkan dua peubah atau lebih dibahas pada Bab VI, yakni peubah acak ganda, sebaran peluang kumulatif bersama, peluang kumulatif bersama, sebaran marginal, peubah acak independen besama, peluang bersyarat bersama, serta fungsi distribusi peluang bersama. Selanjutnya pada bab terakhir, dibahsa tentang nilai harapan dengan segala aspeknya.

Lihat Juga

Buku Unggulan


0 comments:

Post a Comment

Sudahkah Anda Baca Buku ini?